7 Negara yang Pernah Pindah Ibukota

Belakangan ini ramai kabar dengan dipindahkannya Ibu kota kita Jakarta ke Kalimantan Timur. Dan ternyata bukan Cuma Indonesia loh yang pernah memindahkan ibukotanya. Mau tau negara mana aja yang dimaksud? kali ini kita akan membahas tentang 7 negara yang pernah pindah ibukota.
Myanmar
Pada 6 November  2005, Myanmar memindahkan ibu kotanya dari Yangoon ke Naypyidaw guys. Pembangunan besar-besaran pun dilakukan, tetapi kota ini masih saja sepi penduduk dan minim aktivitas. Pengumuman pemindahan ibu kota Myanmar baru disampaikan pemerintah secara resmi pada 27 Maret 2006.

Brasil
Kawasan Rio de Janeiro di Brazil tentunya sudah tidak asing lagi di telinga guys, terutama bagi para penggemar sepak bola. Rupanya, Rio de Janeiro pernah menjadi Ibu Kota Negara Brazil hingga tahun 1960 yang lalu. Namun, Rio de Jenairo terlampau padat penduduk sehingga Pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Negara Brazil ke sebuah kota baru yang bernama Brasilia.

Rusia
Ibu Kota Rusia kini adalah Moskow guys. Siapa sangka jika Rusia pernah memindahkan Ibu Kota Negaranya sebanyak dua kali. Moskow memang menjadi Ibu Kota pertama di Negara Rusia guys. Namun di tahun 1712, Pemerintah memutuskan untuk memindahkannya ke St. Petersburg. Pasalnya, St. Petersburg punya akses yang dekat ke Eropa. Di tahun 1918, Pemerintah mengembalikan Ibu Kota Negara Rusia kepada Moskow.

India
Pemindahan Ibu Kota Negara India dinilai berjalan dengan lancar lantaran letak kedua daerah yang tidak terlalu jauh guys. Sebelumnya, Kolkata adalah pusat perdagangan di negara tersebut guys. karena alasan lokasi yang strategis di tengah-tengah negara India, ibu kota pun dipindahkan dari Kolkata yang berada di sebelah selatan ke New Delhi di sebelah utara. kini Ibu Kota Negara India adalah New Delhi.  


Pantai Gading / Côte d'Ivoire, Afrika Barat
Bukan sekali dua kali, Pemerintah Pantai Gading/Côte d'Ivoire memindahkan Ibu Kota Negara Pantai Gading hingga empat kali guys. Ibu Kota Negara Pantai Gading dari urutan yang pertama adalah Grand-Bassam, Bingerville, Abidjan, dan Yamossoukro. Pemindahan Ibu Kota Negara yang terakhir terjadi saat pemerintahan Presiden Felix Houphouet-Boigny yang merasa pembangunan hanya berpusat di Kota Abidjan saja. Sementara kota-kota yang lain jauh tertinggal.  Padatnya penduduk di Abidjan menjadi alasan pemindahan ibu kota ke Yamoussoukro pada 1982. Lokasi yang strategis dan lahan yang masih belum banyak terjamah membuat wilayah ini menjadi pilihan. Meski telah dipindah, hingga kini Abidjan masih menjadi salah satu pusat pemerintahan dan politik di negara tersebut. Wah pasti ribet banget nih.

Nigeria
Ibu Kota Negara pertama dari Nigeria adalah Lagos guys. Namun, di tahun 1980-an Pemerintah memutuskan untuk membangun kota baru yang dirancang menggantikan Lagos sebagai Ibu Kota Negara Nigeria. Kota ini bernama Abuja. Sejumlah instansi pemerintahan dibangun di kota ini. Walaupun pembangunan sudah dimulai, Kota Abuja baru resmi menggantikan Lagos sebagai Ibu Kota Negara Nigeria pada 12 Desember 1991 dan masih bertahan sampai saat ini.

United Kingdom
Seperti yang diketahui, Inggris merupakan sebuah negara industri yang maju. Rupanya, London bukanlah Ibu Kota Negara Inggris pada mulanya. Sebelum London dijadikan Ibu Kota Negara Inggris, Winchester menjadi Ibu Kota Negara Inggris. Tahun 1066 pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke London. Nah itu tadi liputan tentang 7 negara yang pernah pindah ibu kota. 

TAG