Tanaman Pemakan Daging! 7 Tanaman Karnivora

Pernah gak kalian mendengar bahwa ada tumbuhan yang bisa memakan hewan? Tak seperti tumbuhan lain yang memperoleh makanan lewat fotosintesis, tumbuhan ini butuh protein dari hewan untuk tetap hidup guys. Dan Sering kali seranggalah yang menjadi mangsa para tumbuhan ini. kali ini kita akan membahas tentang 7 tanaman karnivora.
Kantong Semar
Mari kita mulai dengan tumbuhan yang sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia, yaitu kantong semar. Seperti namanya, tumbuhan ini berbentuk kantong dengan tutup di atasnya. Ia menarik perhatian serangga dengasn bau manis yang dikeluarkannya.  Ketika serangga hinggap di mulut kantong semar, mereka akan terjebak masuk ke dalam dan akhirnya mati karena enzim yang ada di dalam. Ternyata tidak hanya serangga, hewan lain seperti kadal dan mamalia kecil juga bisa dimakan olehnya.

Aldrovanda Vesiculosa
Aldrovanda Vesiculosa atau yang juga dikenal sebagai tanaman kincir air, adalah tanaman air tanpa akar. Tanaman ini biasanya memakan vertebrata air kecil, menggunakan mekanisme yang disebut perangkap kancing. Untuk memperoleh makan tanaman ini membuat sebuah perangkap yang melekat pada petioles atau salah satu bagian batangnya.

Lily Cobra
Mendengar namanya saja sudah membuat kita bergidik ya guys. Lili kobra atau Darlingtonia californica termasuk tumbuhan purba yang saat ini cukup langka guys. Ia hanya bisa ditemui di daerah California dan Oregon, Amerika Serikat. Tidak hanya menjebak mangsa dengan baunya yang manis, ia juga memiliki sejumlah pintu keluar palsu yang akan membingungkan korban yang terperangkap di dalamnya  guys.

Drosera
Drosera, umumnya dikenal sebagai sundew, adalah salah satu genera yang terbesar dari tanaman karnivora, dengan setidaknya 194 spesies guys. Anggota keluarga Droseraceae ini memikat, menangkap, dan mencerna serangga menggunakan tentakel-tentakel dengan "lem" di ujungnya. Saat ada serangga yang hinggap di tentakelnya, tanaman ini akan menggulung dirinya, sehingga serangga tersebut terjebak ditengah-tengah guys.

Sarracenia
Tumbuhan ini sekilas tampak seperti kantong semar, tetapi sebenarnya mereka berbeda guys. Tubuhnya lebih kurus dan menjulang ke atas. Daunnya berevolusi menjadi kantong sehingga bisa menangkap serangga dan hewan kecil lainnya. Pijakan yang licin di tepi pitcher, menyebabkan serangga jatuh di dalam, di mana mereka mati dan dicerna oleh tanaman dengan protease dan enzim lainnya guys.

Butterwort
Jangan tertipu dengan penampilannya yang indah dan nampak tak berbahaya guys, tumbuhan berbunga ini termasuk salah satu pemakan hewan. Untuk menarik perhatian mangsanya, butterwort mengeluarkan titik-titik embun pada daunnya. sehingga Serangga akan mengira itu adalah air. Ketika mereka hinggap, butterwort akan menangkapnya dengan cairan yang lengket.

Venus Flytrap
Venus flytrap atau yang dikenal juga sebagai venus sering dijuluki sebagai  T-rexnya para tumbuhan guys. Tubuhnya mungil, terlihat seperti setengah lingkaran dengan rambut di sekelilingnya. Rambut tersebut berfungsi sebagai penangkap rangsangan. ia biasa memangsa lalat atau serangga lain yang hinggap di ‘mulutnya’. Setelah menjepit mangsanya, tanaman ini akan mengeluarkan enzim yang cukup kuat untuk melarutkan mangsanya. nah itu tadi liputan tentang 7 tanaman karnivora. 
TAG