BUKAN CUMA CORONA, ADA WABAH VIRUS MEMATIKAN LAIN!! 7 Wabah Virus Viral Yang Mematikan di Dunia

Dalam banyak kasus kesehatan di dunia, kita seringkali mendengar berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus adalah mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup.Virus memanfaatkan sel makhluk hidup untuk berkembang biak dan menyebabkan penyakit. Belum lagi resiko penularan virus yang tinggi akibat kontak fisik, menyebabkan banyak virus yang mewabah dan menyerang penduduk di dunia. kali ini kita akan membahas tentang 7 wabah virus viral yang mematikan di dunia.
Virus Corona
Wabah virus corona ( coronavirus) tengah menjadi perhatian dunia. Bermula dari kota Wuhan, Tiongkok, coronavirus disebut virus mematikan yang menyerang paru-paru manusia. Virus corona sebenarnya banyak didapati di hewan, Diantaranya adalah kelelawar dan sebangsanya.Gejala awal virus korona mirip seperti penyakit pneumonia (radang paru-paru) dan bisa menular antarmanusia.Pihak otoritas China mengumumkan, sebanyak 170 orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. Angka ini naik dari yang dilaporkan sehari sebelumnya, dan merupakan kenaikan sebesar 29 persen. kabarnya virus ini telah merambah ke belasan negara guys. Dikutip dari cnc indonesia negara lain seperti jepang dengan 7 kasus, taiwan 8 kasus, malaysia 7 kasus, singapura 10 kasus dan masih banyak lagi.

SARS
SARS atau severe acute respiratory syndrome merupakan infeksi saluran pernapasan berat disertai dengan gejala saluran pencernaan yang disebabkan oleh coronavirus, dan pertama kali ditemukan menyebar di China guys. virus ini menyebabkan wabah kematian di seluruh dunia pada tahun 2002-2003. tercatat, sebanyak 777 penduduk meninggal dunia. para peniliti menyimpulkan, sars memiliki tingkat kematian sebesar 10 persen.

Flu Burung
Wabah virus H5N1 sempat menggemparkan publik. Virus inilah penyebab utama kasus flu burung di dunia. Sebelumnya, virus ini ditemukan pertama kali di Italia pada tahun 1878. Virus H5N1 atau Flu Burung ini sempat menyerang Indonesia beberapa waktu lalu.gejala awalnya akan merasakan demam, sakit kepala, pegal-pegal, batuk dan sesak. Virus ini  menyerang manusia dan sudah membunuh 60 persen pengindapnya. Virus ini disebarkan oleh unggas ke manusia.

Flu Babi
Flu babi merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan virus jenis A atau dikenal dengan H1N1. Penularan virus H1N1 serupa dengan virus influenza lain, misalnya bersin atau batuk. Jika terkena percikan ingus atau air liur dari penderita, maka orang bersangkutan akan terkena virus ini. Virus flu babi pertama kali muncul di Amerika Utara pada 2009, dan cepat menyebar dari satu negara ke negara lain. Karena itu, WHO mengumumkan pada Juni 2009 bahwa flu babi merupakan penyakit pandemik dunia. Sejak 2009 hingga 2010, flu babi sudah menjangkiti 171 negara dan menyebabkan 14.378 orang meninggal secara global.

MERS
MERS memiliki kepanjangan Middle East Respiratory Syndrome. Penyakit MERS merupakan infeksi virus pada paru-paru karena virus korona. MERS pertama kali terjadi di Arab Saudi pada tahun 2012 dan diduga virusnya berasal dari unta. Penyakit MERS dapat menyerang orang dari segala usia. Penderita MERS bisa merasakan gejala yang mirip dengan flu seperti demam, batuk, napas pendek, menggigil dan nyeri dada. MERS yang akut berpotensi memicu gagal organ, terutama ginjal, dan syok sepsis. Oleh sebab itu, pasien yang mengalaminya membutuhkan penanganan darurat di rumah sakit. Angka kematian dari virus mers mencapai 34 persen.

Ebola
Virus ebola menyerang sistem imun (kekebalan tubuh) dan organ lainnya, terutama sel pembeku darah. Ebola lebih sulit didiagnosis, karena tanda dan gejala awalnya terkadang menyerupai malaria atau tifoid. Virus ini bisa menular dari hewan ke manusia maupun antarmanusia jika terjadi kontak langsung. Adapun gejala virus ebola mulai dari muntah, diare, sakit perut, demam, nyeri otot, dan pendarahan tidak jelas. Virus ini 90 persen dipastikan akan membawa kematian dan dapat membunuh korbannya dalam hitungan hari.

HIV
Virus ini adalah salah satu yang paling mematikan di zaman modern. Virus berbahaya ini diketahui telah membunuh jutaan orang di berbagai belahan dunia setiap tahunnya. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, dan melemahkan pertahanan terhadap infeksi. Virus ini ditularkan melalui berbagai cara seperti hubungan seks, berbagi jarum suntik, ibu hamil terhadap bayinya dan ibu yang menyusui bayinya serta kontak cairan tubuh lainnya. Nah itu tadi liputan tentang 7 wabah virus viral yang mematikan di dunia. 

TAG