BEGINI DAHSYATNYA KETIKA LAVA KETEMU AIR!

Erupsi gunung berapi adalah peristiwa yang terjadi saat adanya pergerakan magma dari dalam perut bumi yang berusaha keluar ke permukaan bumi. Lava yang di hasilkan dari erupsi tersebut, seringkali menjadi objek penelitian dan membuat orang tertarik untuk melihatnya. Namun bukan sekedar melihat lava saja ya guys, karena kali ini  kita akan membahas pertemuan spektakuler antara 2 elemen bumi yakni lava versus air. kali ini kita akan membahas tentang 5 momen pertemuan lava vs air.
Lava Kilauea
Video yang di unggah 31 januari 2017 menunjukanmomen ketika para turis Hawai mengabadikan fenomena cucuran deras lava cair yang keluar dari sebuah tebing di pinggir pantai Hawai. Aliran Lava yang  berasal dari gunung berapi Kilauea Hawai ini langsung meluncur dan menghantam air laut. Terlihat juga aliran deras lava ini menyebabkan asap tebal dan melemparkan serpihan2 batu ke berbagai arah.

Lava Seashore Hawai
Di ambil pada bulan Januari 2013 silam di sebuah spot terpencil di pinggir pantai Hawai, terdapat sebuah aliran kecil lava yang telah berlangsung lebih dari 33 tahun tanpa henti. Aliran lava kecil ini adalah berasal dari erupsi kerucut piroklastik zona rift timur gunung berapi Klauea di Kepulauan Hawaii. Sang videographer Kawika Singson mengabadikan momen saat aliran lava ini jatuh ke dalam lautan dan di sisi lain, juga membentuk gumpalan pasir hitam.

Lava Kamokuna
Pada 31 Desember 2016 silam, penduduk dunia dikejutkan dengan runtuhnya beberapa bagian tanah vulkanik dari Kamokuna Lava delta yang berlokasi di Hawai’s Volcano National Park, Amerika Serikat. Sebelumnya tanah vulkanik yang telah runtuh tersebut diklaim dalam kondisi yang tidak stabil. Yang lebih menghebohkan lagi adalah, reruntuhan tersebut membentuk sebuah lubang yang menyebabkan aliran lava dari Gunung berapi Kilauea meluncur layaknya air terjun dari dalam tebing menuju lautan samudra Atlantik.    Lihatlah betapa dramatisnya momen saat lava cair dengan suhu ribuan derajat celcius menyembur keluar dari dalam tebing ini. Para ahli di United States Geological Survey memperkirakan, lava ini mengalir dari ketinggian 21 meter di atas air laut. Dan ketika lava bersentuhan dengan air laut yang dingin, menyebabkan ledakan yang tak beraturan. Di saat yang sama, aliran lava memuntahkan bebatuan panas dan puing-puing dalam ukuran cukup besar.

Lava Bawah Laut Hawai
Kita sudah melihat dengan jelas penampakan lava yang bersentuhan dengan air laut dari daratan. Namun seperti apakah kondisi lava yang mengalir di bawah laut? Inilah momen yang di ambil oleh BBC earth , dimana pergulatan 2 jenis elemen bumi sedang berlangsung. Ketika lava berkonfrontasi dengan air, maka akan terjadi perubahan suhu yang cepat sehingga menimbulkan uap yang bisa beresiko menyebabkan ledakan

Lava Tolbachik
Sepertinya penampakan lava vs air sudah sangat jelas kita lihat. Tapi bagaimana dengan fenomena lava vs salju? Beginilah penampakannya. Fenomena ini terjadi saat erupsi gunung berapi Tolbachik di Russia 2013 silam. Video yang di unggah oleh channel New Scientist ini juga menunjukkan lava yang mengalir di  bawah permukaan salju. Pergantian suhu yang singkat  membuat lava mengeras dengan  cepat dan membentuk bebatuan. Salju2 pun terdorong ke atas membentuk bongkahan. Uap yang dihasilkan dari pertemuan 2 elemen ini jelas berbahaya. Pergerakan lavanya nya juga cukup cepat seperti yng terlihat dalam timelapse ini. Nah itu tadi liputan tentang 5 momen pertemuan lava vs air. 
TAG