YA ALLAH ADA APA INI!? KEJADIAN DAN FENOMENA ALAM INI BIKIN MERINDING

Alam selalu menyimpan misteri yang dibalut dengan sejuta keindahan dan pesonanya. Saking menakjubnya, fenomena alam yang aneh terkadang bekerja di luar akal manusia. Mau tau apa aja fenomena manakjubkan tersebut? kali ini kita akan membahas tentang 5 fenomena alam paling menakjubkan yang terekam kamera
Seafoam
Siap2 melihat keajaiban fenomena alam yang pertama! Ini dia, Busa laut atau sea foam yang terjadi di Moana Beach,  Esplanade, Australia Selatan 29 September 2016 lalu. Nah seafoam ini adalah jenis busa atau substansi putih yang terbentuk dari agitasi air laut dan mengandung konsentrasi bahan organic terlarut seperti garam, alga mati, protein, dan polutan organic lainnya. Karena kepadatan dan persistensinya yang rendah, sea foam dapat tertiup angin dengan mudah dari bibir pantai menuju daratan.  Seperti yang terjadi di Sunshine coast queensland Australia pada 28 januari 2013 silam ini yang membuat area di sekitarnya tertimbun sea foam dengan ketinggian hamper mencapai 3 meter. Di beberapa area lain, sea foam bahkan juga menyelimuti jalan raya dan rumah penduduk cepetkan potong. Eits netijen berflower jangan halu pengen kayak ala2 mandi kapas di sea foam ini lo ya haha.

Halocline
Halocline adalah fenomena pertemuan 2 jenis air yang berbeda. Bisa air tawar bertemu dengan air laut, ataupun sesama air laut yang bertemu tetapi dengan tingkat kadar garam yang berbeda. Fenomena ini salah satunya terjadi di Fraser River Delta ini. Inilah penampakan dari 2 jenis air yang berbeda, yakni air sungai dari Fraser river dan air laut dari Selat Georgia,Kanada. Jacques-Yves Cousteau, perwira di AL Prancis, explorer dan oseanografer, adalah sosok yang pertama kali menemukan fenomena ini saat ia sedang menyelam menggunakan kapal selam di selat gibraltar.Tak hanya di kanada,  halocline juga terjadi di The Rio Negro dan Solimões Rivers di brazil. Keduanya merupakan air sungai namun berasal dari sungai yang berbeda. Dan ada juga halocline yang indah antara Sungai Arvedan Sungai Rhone di Geneva, Swiss. Sungguh menakjubkan

Awan Morning Glory
Awan Morning Glory adalah salah satu fenomena alam yang sangat langka guys. Peristiwa ini pernah terlihat di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia. Seperti yang terjadi di Leelanau State Park, Michigan, Amerika serikat pada 12 Juni 2016 silam ini. (live). Awan morning glory memiliki bentuk seperti gulungan atau tabung yang panjangnya bias mencapai hingga ber kilo2 meter jauhnya. Dikutip dari UCSB Geography, meterologis percaya bahwa awan ini terjadi akibat  2 temperatur angin yang berbeda dari arah yang belawanan saling berhembus dan menyebabkan kepadatan udara yang berbeda. Channel geography realm pun juga membuat ilustrasi tentang bagaimana fenomena ini dapat terbentuk.  Dan beginilah penampakan awan morning glory dari atas pesawat terbang. Wah indah sekali ya.

Laut Bioluminescence
Melansir dari National Geographic, bioluminescence atau bioluminesensi merupakan cahaya yang dipancarkan oleh makhluk hidup melalui reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh mereka. Fenomena bioluminescence merupakan peristiwa yang terjadi ketika makhluk hidup mengalami sebuah reaksi kimia tertentu yang mampu menghasilkan emisi cahaya. Peristiwa ini membuat sebagian laut bersinar dalam gelapnya laut malam.   Ada beberapa tempat di dunia dimana fenomena ini dapat kita saksikan seperti di Teluk Toyama, Jepang, Pulau Mudhdhoo, Maldives,  Falmouth, Jamaika, Teluk Mosquito, Puerto Rico, dan masih banyak lagi.

Ice Tsunami
Kalau biasanya kalian cuma tau tsunami dalam bentuk gelombang air, di Erie Lake, Ontario, Amerika Serikat ini tsunaminya berupa balok-balok es besar loh guys.  Hmmm kok bias sih? Nah Fenomena alam yang terjadi pada 24 Februari 2019 kemarin ini disebut sebagai Ice Tsunami atau Ice Shove. Tsunami es terjadi saat gelombang es dari lautan dan danau besar bergerak kepinggir pantai. Hal ini terjadi disebabkan oleh arus laut, angin kencang, atau perbedaan suhu yang mendorong es kepantai dan menciptakan tumpukan balok2 es. Dikutip dari The Sun, Tsunami es ini diperkirakan mencapai ketinggian hingga 40 kaki atau  12 meter. Seperti yang terjadi di area pantai Hoover di Hamburg yang berbatasan dengan danau Erie tadi, kota New York. Bongkahan es akibat ice tsunami menumpuk hingga tinggi dan menyebar di depan perumahan penduduk. Bisa bayangin gak guys sedingin apa suhunya dan sekencang apa anginnya sampai fenomena ini bias terjadi? Nih mimin kasih gambaran yaaa. Akibat angin kencang dan suhu super dingin disana, sampai membuat rumah2  dipinggir pantai Hoover ikut di selimuti lapisan es tebal. Lapisan es ini terbentuk setelah angin kencang dan gelombang air berlangsung 2 hari berturut dan menciptakan lapisan es setebal 1 hingga 2 inci di rumah2 penduduk. Waduh kasian juga ya para penduduknya. Nah itu tadi liputan tentang 5 fenomena alam paling menakjubkan yang terekam kamera. 
TAG