ASTAGAA, SOUVENIR PERNIKAHANNYA UGA-UGALAN!

Ketika datang ke acara pernikahan biasanya kita bakal mendapat souvenir ya sebagai cinderamata dari pengantin. Pengantinnya pun pasti akan memilih souvenir yang menarik atau unik sehingga para tamu akan merasa senang. Nah tapi bakal beda cerita nih kalau kalian pernah datang ke undangan pernikahan orang2 tajir ini. Karena Harga sovenir mereka ada yang setara dengan 1 motor matic. Penasaran apa aja sovenir2 ini? Langsung aja kita bahas 7 Souvenir Pernikahan Termahal di Dunia.



Nicole Kidman dan Keith Urban 

Siapa sih yang gak tahu Nicole Kidman? Yak dia adalah aktris Hollywood papan atas dan sekaligus mantan istri Tom Cruise. Setelah resmi bercerai pada tahun 2001. artis pemenang Oscar ini kembali menikah dengan seorang penyanyi country yaitu Keith Urban. Keduanya menikah di Australia dengan konsep pernikahan yang gak semewah pernikahan pertama Nicola bersama Tom Cruise sih. Eits tapi, jangan salah karena souvenir pernikahannya gak main-main, lho! Nicole Kidman dan Keith Urban memberikan setiap tamunya souvenir berupa jam tangan. Ini bukan jam tangan biasa ya, melainkan jam tangan dari perusahaan terkenal Tiffany & Co. Harga setiap jamnya dikabarkan mencapai 350 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp. 3.200.000. Waw, biaya untuk souvenirnya saja sudah setinggi langit ya. Tapi, memang gak heran souvenirnya jutaan rupiah kalau tamu-tamu yang diundang dari kalangan penyanyi dan artis Hollywood ternama. 



Jusup Maruta Cayadi dan Clarissa Wang 

Pasangan yang dijuluki Crazy Rich Surabaya ini memang sempat viral karena pernikahan mereka yang kelewat mewah. Bahkan, dari pertunangannya saja sudah menghabiskan biaya mencapai 1 triliun rupiah, lho! Pertunangan itu diadakan sebanyak 2 kali, yaitu di Makau dan Surabaya pada 22 Juli 2018. Sementara pesta pernikahan mereka digelar di Bali, tepatnya di Grand Ballroom The Mulia Resort pada tanggal 1 Desember 2018. Bukan hanya karena konsep dan foto pre-wedding di 5 benua nih, tapi juga karena souvenir yang diberikan kepada setiap tamu mereka gak tanggung-tanggung mewahnya. Pasangan Jusup dan Clarissa memutuskan untuk memberikan souvenir berupa tas dan koin emas seberat 3,5 g hingga 10 g. Selain itu, pasangan ini juga menyiapkan doorprize berupa iphone dan 5 mobil jaguar baru. Eiittss, ada lagi nih yang bikin pernikahan mereka memang pantas jadi salah satu pernikahan termewah di Indonesia. Jusup dan Clarissa bahkan sanggup mengundang Calum Scott dan Michael Learns to Rock untuk bernyanyi di pernikahan mereka, lho! Wah, tamu-tamu yang datang sudah dapat souvenir jutaan rupiah, ditambah berasa lagi nonton konser solo Calum Scott dan konser band Michael Learns to Rock ya! 


Suryo dan Jessica 

Ini dia pasangan Crazy Rich Surabaya lainnya yang juga sempat membuat heboh netizen Indonesia pada tahun 2016. Bagaimana gak heboh? Resepsi pernikahan Suryo dan Jessica yang dikemas dengan konsep sangat mewah ini juga menyediakan hadiah yang mewah sebagai doorprize untuk tamu undangannya, yaitu mobil All New Inova baru, satu unit motor Yamaha Mio, motor Honda Vario, motor Honda Beat, ponsel Samsung Galaxy Note Edge, dan berbagai macam barang elektronik mewah lainnya. Resepsi ini sendiri digelar Grand City Convention and Exhibition Surabaya dengan dipenuhi oleh sederet bintang ternama sebagai penyanyi pernikahan yaitu Agnez Mo, Syahrini, dan Judika. Sementara MCnya adalah Daniel Mananta dan Ayu Dewi. 




Pangeran William dan Kate Middleton  

Bukan hanya dari kalangan artis dan pengusaha, pesta pernikahan pasangan ini tentunya menjadi pembicaraan di mancanegara. Yap, pernikahan dari keluarga Kerajaan Inggris atau Royal Wedding yaitu Pangeran William bahkan ditayangkan dan diberitakan di hampir seluruh negara termasuk Indonesia. Ditambah lagi, Kate Middleton yang merupakan warga sipil biasa tentunya menarik perhatian banyak orang, ya. Pesta pernikahan mereka pun rasanya gak mungkin kalau gak dibikin mewah. Memang benar saja nih, pesta pernikahan salah satu pewaris tahta Kerajaan Inggris yang diselenggarakan pada bulan April tahun 2011 ini dikabarkan menghabiskan dana sebanyak 34 juta poundsterling atau setara dengan lebih dari 600 miliar rupiah. Pasangan ini memesan 4.000 syal edisi sangat terbatas dari perusahaan yang membuat syal mewah kelas atas. Harga syal spesial dengan motif bendera Inggris ini ditaksir seharga 500 poundsterling atau setara dengan 9 juta hingga 10 juta ribu rupiah. Syal ini gak cuma istimewa karena harganya yang kelewat mahal nih, tapi juga karena syal ini khusus diproduksi untuk pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton sehingga kita gak akan menemukan syal ini di toko manapun. 




Kim Kardashian dan Kanye West 

Kim Kardashian kembali menghebohkan dunia nih karena pernikahan ketiganya bersama Kanye West di tahun 2014.  Dengan status selebritis papan atas dan penyanyi terkenal asal Amerika Serikat, tentu saja pernikahan keduanya dikemas dengan sangat mewah mulai dari undangan, konsep resepsi, makanan, hingga souvenir untuk tamu yang hadir. Untuk undangan saja, Kim dan Kanye rela melibatkan desainer ternama untuk mendesain undangan mereka menggunakan kotak sutra emas demi menyenangkan para tamu yang akan mendapatkan undangan pernikahan tersebut. Sementara untuk souvenir, pasangan ini menyiapkan 200 goodie bag berisi botol sampanye Bollinger seharga 500 dolar Amerika Serikat atau sekitar 5,6 juta rupiah. Gak hanya botol sampanye, lho! Tapi goodie bag itu juga berisi produk Creme de la Mer seharga 2,2 juta rupiah, lalu pernak-pernik buatan tangan dari kristal Swarovski bertuliskan nama Kim dan Kanye, serta parfum mewah dan voucher untuk perawatan spa di hotel senilai 2,8 juta rupiah. Kalau ditotal maka Kim dan Kanye menghabiskan dana sebesar 14 juta rupiah untuk souvenir setiap tamunya. 




Pangeran Harry dan Meghan Markle 

Nah, ini dia pasangan kedua dari keluarga Kerajaan Inggris yang tentunya juga melangsungkan pernikahan dengan sangat mewah.  Lagi-lagi, pewaris tahta Kerajaan Inggris menikah dengan wanita yang tidak berasal dari keluarga kerajaan nih, yaitu Meghan Markle. Meghan yang merupakan artis saat itu cukup membuat publik terkejut ya karena berhasil meluluhkan hati Pangeran Harry. Tidak kalah dari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, souvenir pernikahan Pangeran Harry pada tahun 2018 juga didesain dengan menarik menggunakan dominasi warna biru yang elegan. Souvenir untuk setiap tamu sendiri terdiri atas satu goodie bag bertuliskan inisial nama pengantin “HM” serta “Windsor Castle Spectator” yang berisi satu koin coklat berukuran besar, shortbread, hiasan magnet, botol minum berlogo Istana Windsor, voucher belanja, sebuah peta, gelang, dan tiket parkir. Walaupun terkesan sederhana, kenyataannya souvenir ini dilelang dengan harga 9 juta hingga 18 juta rupiah. Souvenir ini dibagikan kepada sekitar 2.600 tamu yang terdiri atas keluarga kerajaan, selebriti, dan masyarakat Inggris. Seperti souvenir mewah pada umumnya, souvenir Pangeran Harry dan Meghan Markle juga hanya bisa didapatkan dari pernikahan mereka saja ya. 




Sheikh Fahad Al Sabah dan Fai Al Kharafi 

Souvenir pernikahan termahal selanjutnya kembali berasal dari pernikahan keluarga kerajaan Kuwait. Pernikahan antara pewaris tahta yaitu Sheikh Fahad Al Sabah dan putri pebisnis yaitu Fai Al Kharafi ini digelar pada tahun 2015 dan sangat menggegerkan dunia maya. Hal ini karena souvenir yang diberikan sangat mahal berupa cincin berlian untuk masing-masing tamu undangan. Nah, bukan hanya souvenir, bahkan gaun pengantin pun dirancang oleh perusahaan ternama yaitu Chanel. 




Nah, itu dia 7 souvenir pernikahan termahal di dunia versi kita. Biaya total untuk souvenirnya saja mungkin bisa untuk membiayai resepsi atau akad nikah kita ya. Memang keluarga selebritis papan atas dan keluarga kerajaan selalu punya cara sendiri untuk mengejutkan masyarakat perihal harta kekayaan mereka. Jadi, menurut kamu, souvenir mana nih yang mau kamu tiru saat pernikahan kamu nanti?




TAG