7 Fakta Film Titanic Paling Mengejutkan

Siapa sih yang gak tahu bilang Titanic? Kalau kamu gak pernah nonton, seenggaknya kamu pasti mendengar judul film ini kan. Titanic memang merupakan film romantis tragis terlaris sepanjang masa nih guys. Film tahun 1997 yang menceritakan kisah antara Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) dan Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) saat tragedi tenggelamnya  kapal Titanic sebagai kapal terbesar di masa itu pada tahun 1912. Film Titanic berdasarkan kisah nyata lho guys yang diceritakan langsung oleh Rose sebagai salah satu penumpang yang selamat dari tragedi tersebut. Nah, tapi kamu tahu gak kalau ada beberapa fakta dari film tersebut yang ternyata mengejutkan banyak pihak. Yuk, langsung saja simak ini dia 7 fakta film Titanic paling mengejutkan yang harus kamu tahu saat ini juga!

Biaya Produksi Film Lebih Murah dari Biaya Konstruksi Kapal 

Kapal Titanic memiliki ukuran yang fantastis dengan panjang 882,9 kaki, lebar 92 kaki, dan tinggi 175 kaki serta memiliki kapasitas sebanyak lebih dari 46 ribu ton. Dari ukurannya pasti kebayang ya guys kapal besar ini jelas ga semudah itu untuk dihancurkan. Bahkan, penumpang perlu berjalan ratusan meter untuk menyusuri dek kapal. Bukan hanya penumpang, tapi awak kapal ternyata juga cukup kesulitan karena membutuhkan waktu 2 minggu untuk menghafal keseluruhan jalan di kapal yang harus mereka lalui. Kapal Titanic juga difasilitasi dengan dua cerobong asap besar seberat 60 ton dengan tinggi 81,5 kaki agar penumpang kapal gak terkena hembusan asap kapal dari cerobong tersebut. Dengan berbagai fasilitas mewah lainnya, konstruksi kapal Titanic menghabiskan dana sebesar 7,5 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan lebih dari 150 juta dolar saat ini. Tapi, biaya pembuatan untuk film Titanic sendiri menghabiskan dana hingga mencapai 200 juta dolar Amerika Serikat. Ini biaya untuk tahun 1997 loh guys! Mahal banget, kan!


Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet Bukan Kandidat Utama 

Peran Rose DeWitt Bukater memang sangat lekat dengan sosok Kate Winslet dalam Film Titanic. Namun, ternyata Kate bukan artis pertama yang diberikan tawaran peran tersebut, lho! Melainkan tawarn pertama jatuh kepada artis Gwyneth Paltrow. Walaupun Paltrow sempat menyesal karena menolak tawaran peran besar tersebut, tapi penolakannya itu terbayar karena dua tahun setelah penayangan film Titanic, Paltrow berhasil meraih Oscar untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik tahun 2000 lewat perannya di film Shakespeare in Love. Gak hanya Kate, Leonardo DiCaprio yang namanya sangat melambung karena berperan dalam film Titanic juga bukan aktor pertama yang mendapat tawaran itu. Sebelumnya, tim produksi Titanic memberikan peran Jack untuk Christian Bale, aktor pemenang Oscar untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik tahun 2010. Namun, setelah dipertimbangkan kembali, tim produksi membutuhkan pemain dari Amerika Serikat sedangkan Bale adalah aktor asal Inggris. Jadi, Leonardo DiCaprio yang pada akhirnya berperan sebagai Jack.


Peran Jack dan Rose 

Walaupun berasal dari kisah nyata dan diceritakan langsung oleh Rose sebagai salah satu penumpang yang selamat dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic, peran maupun kisah cinta Jack dan Rose adalah fiktif. Jack dan Rose dalam film Titanic merupakan asli pera fiktif hasil garapan James Cameron sebagai sutradara dari film tersebut. Bahkan, karakter yang terkait dengan mereka seperti tunangan Rose, ibunya, dan teman Jack juga fiktif alias hanya ada di film ya guys. Kisah percintaan mereka yang gak ada dalam sejarah Titanic memang sengaja ditulis sebagai poin utama dari film Titanic yang bergenre romantis-tragis tersebut. Selain itu, Gloria Stuart yang memerankan Rose di masa tua bahkan sama sekali gak ada kaitannya dengan sejarah Titanic tersebut. 


Proses Syuting Film Titanic Tidak Dilakukan di Laut 

Walaupun hampir seluruh adegan menggunakan setting tempat laut dan kapal, tapi nyatanya syuting sama sekali tidak dilakukan di laut karena tingginya resiko bahaya pada saat itu. Syuting film Titanic dilakukan di studio besar dengan luas 45 hektar bernama studi Baja. Studi ini lebih tepatnya berlokasi di California, Amerika Serikat. Tapi, hampir semua properti yang digunakan sangat detail dan merupakan barang asli, lho! Wah, jadi sayang banget waktu properti harus dihancurkan demi mendapatkan efek kapal tenggelam yang seperti sungguhan. Menariknya lagi guys, ternyata adegan saat kapal tenggelam hanya ditake sebanyak 1 kali karena saat itu semua properti sudah berantakan dan hancur lebur sehingga sudah gak memungkinkan untuk melakukan take adegan sekali lagi.


Adegan Menggambar Jack Dilakukan oleh James Cameron 

Kamu ingat gak salah satu adegan yang paling menyentuh yaitu saat Jack melukis wajah Rose yang sedang berbaring. Faktanya nih guys, Leonardo DiCaprio saat itu sama sekali gak melakukan adegan menggambar karena dia memang gak bisa menggambar. Lho, jadi itu tangan siapa ya? Yap, tangan dalam adegan itu adalah tangan sang sutradara sendiri yaitu James Cameron. Bahkan gak hanya sketsa Rose yang digambar oleh James sendiri, melainkan hampir semua sketsa yang ada di film Titanic merupakan hasil karya James Cameron. Wah, sang sutradara ternyata perannya sekaligus menjadi tukang gambar ya guys! Eits, walaupun berbakat, nyatanya James terkenal sebagai sutradara tergalak di Hollywood yang ingin filmnya selalu sempurna. Alhasil, selama syuting film tersebut Leonardo mengaku cukup tertekan dan sering berada dalam masalah karena takut pada James, lho! Bahkan, Kate sampai mengatakan bahwa dirinya akan sebisa mungkin menghindari tawaran kerja sama dengan James Cameron lagi. 


Bangkai Titanic 

Dalam film Titanic, terdapat adegan dimana tim melakukan pencarian bangkai Titanic setelah kapal raksasa itu tenggelam. Nah, tapi bangka kapal yang terlihat dalam film itu apakah benar-benar bangkai kapal Titanic? Yap, ternyata hampir seluruhnya adalah bangkai Titanic sungguhan guys, bukan efek CGI seperti film-film fiksi pada umumnya. Pada tahun 1995, James Cameron menyewa kapal Rusia dan dua kapal selam untuk melakukan syuting di bangkai kapal Titanic yang berada di kedalaman 12.000 kaki di bawah Laut Atlantik Utara. Gak main-main lho guys, kamera dan perlengkapan syuting mereka harus menggunakan housing khusus untuk menahan 6000 pond tekanan air. Tapi, tetap harus menggunakan adegan tambahan karena dengan setiap penyelam hanya bisa mengambil adegan selama 12 menit.


Band Titanic 

Salah satu adegan yang paling diingat oleh penonton juga saat band di kapal Titanic tetap bermain alat musik walaupun kapal tersebut mulai tenggelam. Nah, ternyata adegan itu berdasarkan kisah nyata lho guys! Bukan adegan tambahan dari sang sutradara. Salah satu pemimpin banda tersebut adalah Wallace Henry Hartley yang berusia 33 tahun dengan posisi sebagai pemain biola. Saat kapal menabrak gunung es, Hartley mengumpulkan band beranggotakan delapan orang dan akhirnya mereka berakhir di Boat Deck dekat pintu masuk ke Grand Staircase. Di tempat itu Hartley dan bandnya tetap memainkan musik hingga kapal benar-benar tenggelam. Hingga akhirnya tubuh Hartley ditemukan pada tanggal 4 Mei 1912 oleh oleh kapal kabel bernama Mackay-Bennett. Itu dia guys 7 fakta penting dari film Titanic yang wajib kamu tahu. Lumayan kan menambah pengetahuan kamu tentang film ini supaya gak terbatas tentang cerita filmnya aja, nih. Film Titanic ini memang melegenda banget ya sampai hampir semua orang sudah pernah menonton atau minimal mendengar judul dan sinopsisnya. Yah, walau bagaimanapun, kisah film Titanic memang merupakan kisah tragis dari kecelakaan kapal yang menewaskan ratusan korban. Semoga kejadian Titanic gak terjadi lagi pada kapal manapun ya. 



TAG