INDONESIA HEBAT!! Ini Rekor Dunia Yang Dimiliki Orang Indonesia

Rekor dunia pastinya diberikan kepada orang-orang terbaik dalam hal tertentu ya. Ada rekor di bidang olahraga, kesenian, pendidikan, hingga bidang nyeleneh sekalipun. Pastinya, apapun rekor yang diberikan, siapapun yang menyandang gelar pasti harus berusaha keras. Jadi gak heran kalau orang-orang yang berhasil merebut rekor biasanya popularitas mereka akan meningkat karena mereka mulai jadi bahan perbincangan heboh. Nah, tapi ternyata negara kita juga punya banyak orang-orang yang berhasil memecahkan rekor dunia, lho! Siapa saja mereka? Ini dia 7 rekor dunia asal Indonesia!

Rekor Bermain Sulap Tanpa Henti 

Kamu sudah pernah dengar nama Russel Miracle belum? Russel adalah pesulap ekstrim kelahiran Denpasar tahun 1987 yang merupakan jebolan kompetisi sulap bergengsi di Indonesia, The Master season 4. Russell dikenal berciri khas dengan jas ungu dan sulap-sulapnya yang terkadang ekstrim sehingga dijuluki sebagai Purple Quizmaster Mentalist. Menariknya, Russel gak hanya sukses di ajang The Master tersebut tapi dia juga sukses meraih rekor dunia dan membanggakan nama Indonesia di kancah dunia, lho! Pada September 2010 lalu, Russel berhasil mencatatkan namanya secara sah pada Guinness Book of World Record pada dua rekor dunia berturut-turut, yakni rekor bermain sulap tanpa henti selama 72 jam dan rekor tidak makan tidak minum selama 2 hari. Dua rekor yang kenyataannya menyakiti dirinya sendiri itu kenyataannya tidak menghalangi Russel untuk menikmati kegiatannya demi nama Indonesia. Russel mengaku sangat senang dan bangga bisa sukses meraih kedua rekor tersebut berturut-turut.



Rekor Membakar Sate Terbanyak 

Rekor unik ini berhasil dipecahkan di Bali pada tahun 2010. Jumlah sate yang dibakar oleh 1500 hingga 1800 orang berhasil memecahkan rekor jumlah sate terbanyak sebelumnya yaitu 75.000 sate yang tercatat di Brunei Darussalam oleh Guinness Book of World Record. Setelah menyelesaikan proses penghitungan jumlah sate yang awalnya cukup terhambat karena lokasi mendadak diguyur hujan, akhirnya Bali berhasil memecahkan rekor dengan total 101010 sate yang dibakar atau setara dengan 1,8 ton. Acara bakar sate yang merupakan makanan khas Indonesia ini juga disaksikan langsung oleh Lucia Sinigagliesi sebagai perwakilan dari pihak Guinness Book of World Record. Sementara pihak penyelenggara acara ini menuturkan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk memecahkan rekor, namun juga untuk mengenalkan serta membesarkan nama makanan khas Indonesia di kancah dunia sekaligus mengeratkan kebersamaan antara panitia pelaksana. 



Rekor Pemain Angklung Terbanyak 

Rekor dunia selanjutnya berasal dari Bandung di bidang kesenian, nih. Warga Bandung berhasil memecahkan rekor dunia untuk pemain angklung terbanyak dengan jumlah lebih dari 20.000 pemain dalam sekali waktu. Acara ini dinamakan Harmony Angklung for The World 20.000 People Playing Angklung yang dilaksanakan di Stadion Siliwangi Bandung pada tahun 2015 lalu. Rekor ini berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Jakarta pada tahun 2008 dengan 11.000 pemain angklung. Acara pemecahan rekor di Bandung dihadiri oleh beberapa tokoh seperti Oscar Semester Susilo sebagai Wakil Direktur Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kalau kamu penasaran bagaimana cara mereka menghitung jumlah peserta, ternyata pihak penyelenggara meminta bantuan kepada Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menghitung jumlah peserta menggunakan barcode yang akan diperiksa di pintu masuk stadion sehingga peserta hanya bisa sekali masuk menggunakan barcode yang sama. Sesaat sebelum acara ini dimulai saja sudah ada 16.000 peserta, lho! Wajar saja ya kalau panitia dari awal sudah optimis nih dapat memecahkan rekor terdahulu. Sama seperti kegiatan bakar sate sebelumnya, rekor ini juga ternyata bertujuan dalam melestarikan angklung sebagai alat musik tradisional Indonesia dan menjaga kebesaran namanya di kancah dunia. 



Reko Menabuh Drum Terlama 

Kunto Hartono adalah drummer kebanggaan Indonesia yang sudah lama berkarir di dunia musik. Tidak puas dengan satu kali memecahkan rekor, Kunto berhasil memecahkan rekor dunia untuk kategori menabuh drum terlama tanpa henti sebanyak tiga kali. Rekor pertama dipecahkan saat pergantian tahun 2003-2004 di Jakarta dengan durasi 74 jam. Rekor ini berhasil mengalahkan rekor pemain drum sebelumnya yaitu Alvaro Lopez dari Amerika Latin yang berhasil menabuh drum tanpa berhenti selama 60 jam. Lalu, rekor kedua kembali berhasil dipecahkan Kunto pada pergantian tahun 2011-2012 di Malang dengan durasi 122 jam 25 menit. Terakhir, rekor ketiga yang berhasil dipecahkan oleh Kunto dilakukan di Palembang pada tahun 2017 dengan durasi 145 jam. Bagi Kunto, suara drum adalah suara perdamaian. Alasan ini juga yang mendasari Kunto akhirnya juga menginisiasi pemecahan rekor dunia di Portugal dengan menabuh drum bersama 4 pemegang rekor dunia lainnya. Kegiatan ini lebih diutamakan sebagai kegiatan sosial yang menyuarakan aksi perdamaian antar negara. Perjuangan Kunto Hartono dalam menabuh drum tanpa berhenti ini benar-benar tidak boleh dipandang sebelah mata, lho! Hal ini karena Kunto rela harus bolak-balik rumah sakit setelah selesai memecahkan rekor dunia karena kesehatannya yang menurun akibat tidak makan, tidur, dan minum vitamin selama berhari-hari. 



Rekor Peraih Medali Emas

Rekor dunia yang berasal dari Indonesia selanjutnya datang dari salah satu atlet terbaik cabang olahraga bulutangkis. Yap, Rudi Hartono! Rudi Hartono yang memulai karirnya sebagai atlet di klub Rajawali memang telah dikenal sebagai legenda bulutangkis baik di Indonesia maupun di tingkat dunia. Kemampuan dan tekadnya dalam bertanding telah berkali-kali mengantarkan namanya menjadi juara, diantaranya yaitu juara Canada Open tahun 1969 dan 1971, juara Denmark Open tahun 1971, 1972,dan 1974, serta juara dunia tahun 1980. Namun, prestasinya yang mencengangkan hingga membuatnya meraih rekor dunia adalah Rudi berhasil menjadi juara All England sebanyak 8 kali berturut-turut mulai dari tahun 1968 hingga tahun 1976. Rudi resmi menjadi satu-satunya atlet di dunia yang bisa meraih medali emas berturut-turut dari kejuaraan bergengsi di Inggris tersebut. Gak hanya itu, rekor itu menjadikan Rudi sebagai orang Indonesia pertama yang namanya tercatat secara resmi di Guinness Book of World Record pada tahun 1982. Atas prestasinya yang sangat gemilang itu, pemerintah Indonesia juga pernah memberikan beberapa penghargaan khusus kepada Rudi Hartono yakni Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama serta penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga pada tahun 2017 kepada para mantan atlet yang berhasil menjadi legenda dalam mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. 



Rekor Mengingat Angka Secara Acak

Remaja kelahiran 26 November 1996 ini pernah membuat heboh Indonesia dengan kemampuan mengingatnya yang jauh di atas rata-rata khususnya dengan usianya yang masing terbilang anak-anak. Nama Dominic Brian pertama kali mulai dikenal oleh publik setelah dirinya muncul dalam acara televisi The Next Mentalist. Dominic Brian berhasil mencatatkan dalam Guinness Book of World Record setelah menunjukkan kemampuannya dalam mengingat 76 deret angka secara acak dalam waktu 60 detik. Gak heran ya kalau saat itu Dominic juga langsung dinobatkan sebagai orang termuda dengan daya ingat super dalam menghafal berbagai kombinasi angka. Kemampuan ini disebut juga sebagai teknik mnemonic yang dipelajari oleh Dominic sejak usia 5 tahun. Sedangkan untuk durasi latihan, Dominic membutuhkan waktu belajar selama 7 tahun sebelum akhirnya berhasil memecahkan rekor dunia.



Rekor Konser Tunggal Penyanyi Termuda

Rekor terakhir yang juga berasal dari Indonesia ini adalah rekor dari penyanyi kebanggaan yaitu Gita Gutawa. Siapa sih yang gak kenal Gita Gutawa? Penyanyi yang memulai karir sejak kecil hingga kini telah mengantongi segudang prestasi baik nasional maupun internasional. Gita yang merupakan putri dari komposer ternama Indonesia, Erwin Gutawa, ini ternyata pernah mendapat menorehkan namanya dalam Guinness Book of World Record pada tahun 2010 sebagai penyanyi termuda yang telah menggelar konser tunggal. Rekor itu diberikan karena Gita memang telah menggelar konser tunggal saat dirinya baru saja berusia 16 tahun. Sampai saat ini pun, Gita juga telah memenangkan berbagai penghargaan di bidang musik, lho! Diantaranya adalah AMI Award untuk Album Terbaik dan Pendatang Baru Terbaik serta Indonesia KCA untuk Penyanyi Wanita Terfavorit. Nah, itu dia 7 rekor dunia yang berhasil diraih oleh orang-orang Indonesia. Ternyata Indonesia juga memiliki segudang prestasi di kancah internasional ya. Terlebih lagi, rekor dunia dari Indonesia tidak hanya 7 rekor ini, lho! Masih sangat banyak masyarakat kita yang berhasil menoreh prestasi hingga menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing. Yuk, kita dukung terus siapa pun yang berprestasi untuk Indonesia dan semoga ini juga bisa menginspirasi kita ya bahwa apapun pasti bisa dilakukan untuk membanggakan nama Indonesia!


TAG