TUKAR ISTRI!! RITUAL PERNIKAHAN NYELENEH

Ini dia 5 ritual pernikahan nyeleneh versi channelterbaik.com

Bertukar istri 

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau pasangan yang sudah menikah akan cemburu jika pasangannya dekat dengan orabg lain. Tapi, Siberia timur justru memiliki ritual pernikahan yang jauh berbeda, yaitu ritual untuk saling bertukar istri. Para laki-laki yang sudah menikah harus membuat kesepakatan untuk bertukar istri dengan laki-laki lain. Hal ini konon dilakukan atas nama keamanan, yakni membunuh roh jahat. Selain itu, memiliki banyak istri atau memiliki banyak suami juga merupakan hal yang sangat lazim dilakukan oleh masyarakat sana, lho!


Kawin dengan wanita paruh baya 

Ritual pernikahan yang aneh berikutnya datang dari Pulau Mangaia, kepulauan di sebelah selatan Samudra Pasifik. Dikabarkan bahwa laki-laki remaja akhir yang akan segera memasuki tahap dewasa harus melakukan perkawinan dengan wanita paruh baya. Yup, betul! Perkawinan yang dimaksud disini adalah perkawinan dalam makna sesungguhnya. Ritual tersebut juga bukan hanya berujung pada hubungan sehari semalam, lho! Melainkan para remaja tersebut harus tetap bersama dengan wanita paruh baya pilihannya dalam rentang waktu yang tidak ditentukan. Ritual ini kabarnya dilaksanakan sebagai bukti bahwa para remaja laki-laki tersebut telah menjadi pria dewasa yang siap untuk mencari pasangan hidupnya sendiri. 


Mandi sampah 

Skotlandia memiliki tradisi berbeda yang akan membuat kamu geleng-geleng kepala, yaitu mandi sampah. Jadi para calon pengantin biasanya akan diguyur oleh berbagai sampah basah, mulai dari limbah dapur, tepung, telur, ikan mati,  masakan busuk, lumpur, dan berbagai sampah lain. Tidak berhenti sampai di situ, mereka juga akan diikat di sebuah pohon atau dibawa keliling kota menggunakan truk terbuka. Tujuannya adalah agar mereka bisa disaksikan oleh orang banyak dan merasa tidak nyaman. Nah loh, terus kenapa mereka harus merasa tidak nyaman? Ternyata, tradisi ini dilakukan agar pengantinnya nanti bisa menjadi lebih kiat dalam menghadapi segala cobaan dalam pernikahan bersama-sama. hmmmm


Melakukan pemalakan 

Kali ini kita pindah ke negara di belahan bumi Eropa sana,  tepatnya Perancis. Ternyata,  Perancis Yang dikenal sebagai negara penuh keindahan juga memiliki ritual aneh yang dijamin akan membuat kamu terheran-heran. Jadi, ketika terdapat pasangan Yang baru menikah, maka anggota keluarga dari pasangan suami istri tersebut akan menggedor panci dan wajan sambil berteriak serta bernyanyi dengan keras. Mereka baru akan berhenti melakukan aksinya ketika pasangan suami istri yang tinggal dalam rumah tersebut keluar dan memberikan makanan serta uang. Dal beberapa kasus ekstrem, jika ritual tersebut diabaikan, maka pengantin pria akan diculik Dan dibawa ke tempat yang jauh serta ditinggalkan begitu saja.  Bahkan ada juga yang ditemukan dalam keadaan telanjang. Aduh, serem banget, ya? 


Larangan menggunakan kamar mandi 

Nah, kalau ritual kali ini tidak dilakukan sebelum.pernikahan, guys. Melainkan 3 hari setelah pelaksanaan pernikahan. Berasal dari Kalimantan, Indonesia, tepatnya masyarakat Tidong dari negeri kita tercinta, terdapat sebuah ritual di mana pasangan suami istri yang baru saja menikah tidak boleh menggunakan kamar mandi di rumah mereka sendiri selama 3 hari berturut-turut. Bahkan ritual ini juga dilakukan dengan pengawasan orang lain, lho. Hm… Para pengawas tersebut juga bertugas untuk menjaga asupan pasangan suami istri yang baru menikah itu, lho. Jadi mereka hanya diberikan makanan dan minuman yang jumlahnya sangat minim. Setelah 3 hari, barulah pasangan suami istri tersebut dimandikan dan menjalani hidup yang normal kembali bersama-sama. Ritual ini dilakukan dengan harapan untuk mengusir hal-hal buruk. Apabila tidak dilakukan, dipercaya bahwa pernikahan tersebut aka. Dipenuhi kesialan, misalnya perselingkuhan atau kematian anak-anak mereka ketika masih muda. Nah, kira2 di daerah kalian ada ritual pernikahan yang aneh juga gak gengs? 


TAG