ANTI MAINSTREAM! 5 BANGUNAN YANG TERBUAT DARI HAL TAK BIASA

Bangunan umumnya dibuat dengan batu bata. Namun, tampaknya bahan-bahan tersebut menjadi kurang menarik bagi sebagian orang. Terbukti, terdapat beberapa bangunan yang dibuat dengan bahan-bahan yang tidak biasa, seperti kaca, botol, bahkan hingga emas loh. Yuk langsung kita simak 5 bangunan yang terbuat dari hal tidak biasa.

1.Dubai Hotel Swimming Pool 

Dubai ternyata memiliki bangunan yang terbuat dari bahan tidak biasa, yaitu kaca. Salah satu hotel bintang 5 di Dubai memiliki fasilitas unik berupa kolam renang yang dibangun dengan kaca. Kolam tersebut terletak di lantai keempat hotel dengan ketinggian mencapai 25 meter di atas tanah. Uniknya, kolam renang tersebut bukan dibuat di bagian dalam hotel melainkan di luar dengan posisi yang menjorok ke dalam. Posisi tersebut memungkinkan penggunanya untuk melihat ke bawah dan menyaksikan orang serta kendaraan berlalu lalang di jalan raya. Gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi kolam renang tersebut?


2.Capella Dos Ossos 

Sebuah kapel yang terletak di Portugis terbuat dari bahan yang tidak biasa dan mungkin cukup menyeramkan bagi kebanyakan orang. Yup, bahan tersebut adalah tengkorak manusia yakni para biksu sehingga Capella Dos Ossos umum juga disebut sebagai kapel tulang. Uniknya, kapel tersebut memiliki cerita di balik pembangunannya. Dahulu kala pada abad ke-16, Portugis memiliki banyak kuburan yang memakan lahan. Akhirnya, diputuskan lah untuk menghancurkan beberapa kuburan tersebut. Namun, untuk menghormati para arwah dan melindungi jiwa mereka dari kutukan, tengkorak-tengkoraknya pun dikeluarkan dan dijadikan penyusun dinding  Capella Dos Ossos. Para biksu beranggapan bahwa keputusan tersebut dapat membantu manusia untuk mengingat kematian dan terdorong untuk berdoa atau meditasi. Pintu masuk Capella Dos Ossos bahkan dihiasi dengan tulisan yang cukup menyeramkan yang artinya “Kami, kerangka yang ada di sini, untuk tulangmu kami menunggu”. 


3.Tombstone House 

Bangunan unik lainnya terletak di Virginia, yakni Tombstone House. Sekilas memang tidak terlihat ada perbedaan dibandingkan bangunan yang dibangun dengan batu bata pada umumnya. Namun, ternyata batu yang digunakan adalah batu nisan milik para prajurit yang tewas di medan perang. Hmm… Sepertinya hal tersebut dilakukan untuk menghormati para mendiang ya? 


4.Bottle Village 

Sudah menjadi rahasia umum kalau bumi sedang mengalami krisis iklim. Untungnya, masih ada pihak-pihak yang peduli pada bumi kita. Salah satunya adalahnya Tressa Prisbey yang memutuskan untuk membangun bangunan dengan bahan dasar botol berwarna di California. Hal tersebut mungkin awalnya tidak didasari oleh keinginan menghemat, tapi pada akhirnya terwujudlah bangunan yang ramah lingkungan tersebut. Sebelumnya, Tressa Prisbey berencana untuk membangun bangunan yang dapat menghilangkan bau dan debu dari peternakan di dekat rumahnya. Namun, kemudian ia menemukan tempat yang menyimpan ribuan botol berwarna bekas atau tidak terpakai. Ia pun memutuskan untuk menggunakan botol-botol tersebut dalam membuat bangunan. Dalam waktu 25 tahun, terbentuklah 16 bangunan yang saat ini dijadikan sebagai salah satu tempat bersejarah di California. 


5.Swisshorn Gold Palace 

Swisshorn Gold Palace atau yang biasa dikenal sebagai The Golden House merupakan salah satu bagian unik dan mewah di Hong Kong. Sesuai dengan namanya, bangunan seluas 650 meter persegi ini terbuat dari emas murni. Awalnya, bangunan ini dibuat atas dasar memenuhi keinginan Raja Han yang ingin memberikan hadiah kepada istrinya. Namun, bangunan tersebut akhirnya menjadi hotel yang menghabiskan waktu selama 5 tahun dan dikerjakan oleh 300 orang. Totalnya, dibutuhkan emas murni sebanyak 6 ton dan estimasi biaya pembangunan mencapai 50 juta dollar atau setara dengan 450 triliun rupiah. Wah, banyak banget ya? Seluruh furnitur dalam hotel ini merupakan emas murni, mulai dari sofa hingga tempat tidur juga tidak luput dari emas. Para pengunjung pun harus merogoh kocek sebesar 25 ribu dollar atau mencapai 30 juta rupiah untuk menginap selama satu malam. Hm… Kamu mau coba? Itu dia 5 bangunan yang dibentuk dari bahan-bahan unik. Kalau kamu, punya ide bangunan dengan bahan apa guys? 

TAG