NGGAK ADA DI INDO! 5 LAPANGAN SEPAK BOLA TERUNIK DI DUNIA

lapangan bola tentunya merupakan aspek terpenting nih supaya jenis olahraga ini bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tentu saja ada standar tertentu yang harus dipenuhi oleh lapangan ini ya guys. Eits tapi ternyata gak menutup kemungkinan kalau ada beberapa lapangan bola atau stadion bola yang unik banget. Dimana saja ya kira-kira? Nah ini dia 5 lapangan bola terunik di dunia!

1. Dubroc Stadion, Slovakia

Negara Slovakia memiliki stadion yang unik bernama stadion Dubroc yang berada di kawasan Cierny Balog, Brenzo District. Dari kota Bratislava butuh waktu 2 jam naik mobil untuk tiba disana. yang bikin unik dari stadion ini adalah pinggiran lapangannya yang dilintasi rel kereta api guys. Jadi dulunya rel kereta api tersebut selalu digunakan untuk mengangkut kayu dari hutan ke pemukiman warga. Tapi saat ini digunakan untuk mengangkut turis yang berwisata. Lintasan sejauh 132 kilometer tersebut melintasi tiga lokasi yang berbeda. Kemudian stadion Dubroc menjadi tujuan terakhir. Stadion ini satu-satunya yang dilintasi rel kereta api. Letak perlintasannya pun unik yakni di atas stadion dekat dengan tempat duduk penonton. nah jika ada kereta api yang lewat, laju kereta api pun diperlambat, para penonton akan memotret keunikan kereta api yang masuk ke stadium sepakbola dan orang-orang didalamnya akan melambai-lambai keluar jendela. Sepertinya seru ya.


2. Stadion Ottmar Hitzfeld 

Ottmar Hitzfeld Stadium adalah stadion yang dimiliki oleh sebuah klub kecil dari sebuah desa di negara Swiss bernama FC Gspon. Stadion yang berada di pegunungan Zermatt bagian dari pegunungan Alpen di Swiss ini adalah stadion tertinggi loh di Eropa dengan total ketinggian 2000 (6561 kaki) meter dari permukaan laut. Rumput yang berada di Stadion ini semuanya adalah rumput buatan. Yap, wajar saja ya karena rumput gak bisa tumbuh di tanah yang ketinggiannya 2000 meter di atas permukaan laut. Selain rumputnya, bola juga menjadi hal uni dari stadion ini karena jika bola melewati jaring yang membatasi stadion, maka bola tersebut galakan bisa di ambil karena akan jatuh ke jurang yang cukup terjal. Selain itu, untuk mencapai stadion ini dengan menggunakan mobil ataupun bus sangatlah sulit. Satu-satunya cara untuk menuju stadion dari klub Gspon FC ini adalah dengan menggunakan kereta gantung. Wah, unik tapi butuh usaha banget ya guys!


3. Sapporo Dome, Jepang 

Jepang terkenal sebagai negara yang penuh kreativitas. Tidak hanya jago menciptakan mobil atau tokoh kartun, Jepang juga bisa membuat salah satu stadion unik di dunia. Sappore Dome, stadion namanya yang terletak di Sapporo City. ia mempunyai teknologi yang sangat canggih. Stadion yang pernah digunakan pada piala Dunia 2002 ini, memiliki desain unik, karena menyerupai Tupperware dengan atap tertutup. Teknologi tersebut digunakan karena kota tersebut sering diguyur hujan salju. Stadion yang bisa menampung lebih dari 40 ribu penonton itu memiliki sliding-floor. Dengan adanya sliding-floor, Sapporo Dome juga bisa digunakan untuk bermain baseball. Sliding-floor ini akan menutupi rumput stadion dan menjaganya tetap segar. Lantaran bisa digunakan untuk pertandingan sepak bola dan baseball, maka lapangan ini juga dikenal sebagai lapangan geser. Karena lapangan ini memiliki dua permukaan yang berbeda. Saat pertandingan baseball, lapangan akan menggunakan rumput sintetis. Namun, saat digunakan pertandingan sepak bola, akan digunakan rumput alami. Permukaan itu bergeser masuk dan keluar sesuai dengan kebutuhan. Wihh Canggih dan unik banget bukan.


4. Wörthersee football stadium

Stadion Wörthersee merupakan sebuah stadion sepak bola di Klagenfurt, Austria. Akan tetapi sebuah pemandangan unik terlihat di Stadion Woerthersee, Austria. Tempat bertanding klub sepak bola SK Austria Klagenfurt kini lebih seperti hutan dibandingkan dengan tempat bertanding sepak bola. Klub divisi dua Austria itu terpaksa harus pindah kandang untuk sementara waktu. Pasalnya stadion dengan kapasitas 32.000 orang itu kini diubah jadi hutan sementara. Ada yang tahu kenapa? Usut punya usut karya seni itu diciptakan oleh seniman asal Swiss yaitu Klaus Litmann. Di stadion itu, tertancap tertanam 3.000 pohon di permukaan rumput nya. Sebenarnya, karya seni yang diberi nama " For Forest - The Unending Attraction of Nature" atau " Untuk hutan: Daya Tarik Alam yang Tak Berujung" ini terinspirasi dari gambar karya Max Peintner yang dibuat tahun 1970. Lukisan itu berisi hutan yang tumbuh di tengah stadion, lengkap dengan kerumunan supporter. Bukan tanpa alasan, ada pesan tersembunyi dibalik hutan di tengah stadion ini. Sampai karya seni itu selesai dipamerkan, SK Klagenfurt untuk sementara harus mengungsi di stadion kecil di dekatnya. Hmm bagaimana mana menurut kalian? Tertarik untuk mengunjungi stadion ini guys? Hehe 


5. Norwegia Hill

Melihat situasi lapangan ini pastinya kamu membayangkan betapa aneh pertandingan sepak bola yang diadakan di bukit ini. Terletak di salah satu daerah di Norwegia, bukit dengan permukaan yang miring ini memang adalah sebuah lapangan sepakbola loh gaes. Hmm gak pusing tuh gaes maen bola disini, haha. Bukit ini kabarnya sudah lama dijadikan lapangan bermain bola. Entah apa alasannya. Apakah untuk menguji skill para pemainnya. Ataukah karena memang kehabisan lahan guys? haha


TAG