6 FAKTA MENARIK CAPPADOCIA TURKI YANG HARUS KAMU KETAHUI

Sempat muncul dalam salah satu episode Layangan Putus sebagai destinasi wisata impian tokoh utama, mendadak Cappadocia menjadi viral di antara masyarakat Indonesia. Terleat 200 mil dari ibukota Turki, Ankara dan di sebelah utara jajaran pegunungan Taurus, Cappadocia terkenal sebagai salah satu tempat terindah di dunia. Tempat ini pun terkenal unik, yaitu didomina
si oleh batuan dan namanya berasal dari bahasa Persia kuno yang berarti wilayah dengan kuda yang indah. Tapi, bukan hanya itu saja keunikan Cappadocia. Ini dia 6 fakta menarik lainnya terkait Cappadocia yang wajib kamu ketahui!

1. Terbentuk dari Vulkanik 

Cappadocia terbentuk dari batu-batuan vulkanik sejak 60 juta tahun yang lalu. Proses erosi dan hembusan angin membentuk batuan menjadi kerucut, gua, dan lembah. Bebatuan ini kemudian dimanfaatkan menjadi berbagai bangunan, mulai dari gereja, hote, rumah penduduk, hingga rumah sakit. Bagi kamu yang bosan melihat gedung-gedung tinggi dan modern di perkotaan, pasti akan terkagum-kagum jika berkunjung ke Cappadocia. 


2. Tanah yang Tandus Tidak Menghentikan Petani

Para petani umumnya mencari tanah yang subur untuk ditanami. Namun, apa jadinya jika Cappadocia dipenuhi oleh bebatuan dan tanah yang tandus. Ternyata, para petani di sana tidak kehilangan akal. Mereka berhasil menemukan cara unik untuk tetap bertani, yakni dengan memanfaatkan kotoran merpati. Kotoran merpati tersebut digunakan sebagai pupuk untuk menjaga kesuburan lahan pertanian. Wah, cerdas sekali ya?


3. Memiliki Salah Satu Kota Bawah Tanah Terbesar

Selain daerahnya yang dipenuhi batu-batuan, Cappadocia juga terkenal dengan kota bawah tanahnya yang cukup banyak. Area ini memang sengaja dibangun pada zaman dahulu kala untuk menjadi rumah dan tempat berlindung bagi penduduk era kuno. Salah satu kota bawah tanahnya yang terkenal adalah Derinkuyu. Letaknya 60 meter di bawah tanah dan mampu menampung hingga 20 ribu orang, termasuk beragam hewan ternak dan sumber makanan sehingga mampu ditempati hingga beberapa bulan lamanya. Akan tetapi, sejak tahun 1969, hanya setengah bagian dari kota bawah tanah ini yang dapat dikunjungi. 


4. Balon Udara Bertebaran 

Pemandangan balon udara yang indah sudah merupakan salah satu ciri khas Cappadocia. Setiap paginya, terdapat hingga 100 balon udara yang diterbangkan. Hiburan ini menjadi terkenal sebab tidak dapat ditemukan di sembarang tempat. Melalui balon udara juga kita dapat menyaksikan pemandangan menakjubkan seperti formasi batuan yang unik, pemandangan kota, dan matahari terbenam yang eksotis. Terdapat 3 jenis penerbangan yang ditawarkan. Pertama adalah standard balloon yang dapat menampung hingga 28 orang. Penerbangan jenis ini dijual seharga 2 juta rupiah. Kedua adalah penerbangan comfort balloon seharga 2,5 juta untuk maksimal 20 orang. Ketiga adalah penerbangan ultra comfort balloon seharga 4,8 juta untuk menampung maksimal sebanyak 12 orang. Penerbangan ini harus dipesan setidaknya semalam sebelum jadwal penerbangan yang diinginkan. Namun, kita juga harus memperhatikan cuaca yang sedang terjadi saat itu sebab penerbangan balon udara sangat bergantung pada cuaca.


5. Merupakan Situs Warisan UNESCO 

Keindahan dan keunikan Cappadocia menjadikannya salah satu situs warisan yang diakui UNESCO sejak tahun 1985. Terdapat 7 situs yang dimaksud, yakni Kota Bawah Tanah Derinkuyu, Taman Nasional Goreme, Kota Bawah Tanah Kaymakli, Gereja Karlik, Gereja Theodore, Karain Columbaria, dan Situs Arkeologi Sonal. Akibat pengakuan tersebut, Cappadocia menjadi salah satu destinasi yang sangat populer bahkan hingga saat ini.


6. Kemeriahan Festival 

Cappadocia yang sarat dengan bebatuan dan sejarah kuno bukan berarti tidak memiliki hiburang yang bersifat kekinian. Cappadocia juga memiliki festival hiburan modern, lho! Festival tersebut disebut dengan Festival Cappadox yang rutin dilaksanakan setiap bulan Juni setiap tahunnya sejak 2015 lalu. Selain itu, Cappadocia juga memiliki festival internasional balon udara. Nah, itu dia beberapa fakta menarik Cappadocia yang sedang viral saat ini. Apakah kamu juga tertarik untuk menjadikan Cappadocia sebagai salah satu destinasi impian?

TAG