HATI-HATI KALAU KE SUNGAI! 5 IKAN AIR TAWAR PALING GANAS DI DUNIA

Kamu percaya bahwa ikan-ikan ganas hanya ada di laut? Jangan salah! Ternyata banyak juga, lho, spesies ikan ganas yang mendiami air tawar. Penasaran ada apa aja? Yuk langsung aj akita bahas 5 ikan air tawar terganas di dunia

1. Gulfer Catfish 

Para pecinta lele mungkin tidak takut lagi dengan ikan lele hidup yang biasa ditemui di air tawar. Namun, tahukah kamu kalau ada ikan lele lain yang tergolong ikan air tawar paling ganas? Ternyata ada, yaitu Gulfer Catfish. Ikan ini masih tergolong satu keluarga dengan ikan lele tapi tersebar di Sungai Amazon dan menjadi salah satu ikan air tawar terganas di dunia. Berwarna hitam dan putih, ikan ini bisa memakan daging yang berukuran sama atau bahkan lebih besar dari tubuhnya hanya dalam hitungan detik. Ikan ini juga ternyata telah tersebar di perairan tawar Indonesia dan dijual secara bebas dengan harga yang cukup mahal, lho… yakni sekitar 900 ribu rupiah untuk satu ikan yang panjangnya mencapai 10 cm. Tertarik untuk coba?


2. Bull Shark 

Kata siapa ikan hiu hanya hidup di air laut? Kamu pasti belum mengenal spesie hiu yang satu ini. Apalagi kalau bukan Bull Shark atau hiu banteng? Hiu banteng sebenarnya memiliki habitat di perairan tropis. Tapi, ia mampu berenang jauh bahkan hingga ke air sungai yang merupakan air tawar. Jadi, kalian harus hati-hati meskipun di sungai, siapa tahu ada hiu banteng! Selain kemampuan berenangnya, hiu jenis ini juga patut diwaspadai karena sifatnya yang lebih agresif jika dibandingkan dengan hiu jenis lainnya. Jadi, hati-hati ya!


3. Piranha 

Siapa sih yang tidak mengenal ikan ganas satu ini? Sering tampil di layar kaca, piranha tampaknya menjadi salah satu jenis ikan terganas yang populer. Piranha hidup di Sungai Amazon. Ikan ini menjadi salah satu ikan yang ditakuti karena tergolong karnivora atau pemakan daging sehingga piranha mampu memakan hewan lain atau bahkan manusia sekalipun. Giginya yang tajam dan kebiasaannya berburu dengan bergerombol memungkinkan piranha untuk menghabisi mangsanya hanya dalam hitungan menit, tidak peduli seberapa besar mangsanya tersebut. Makanya, jangan heran kalau ada tempat yang terdeteksi dihuni piranha dan dilarang untuk dikunjungi. Tentu saja untuk keamanan kita bersama.


4. Paraya 

Ikan air tawar paling ganas berikutnya adalah ikan paraya atau yang biasa juga dikenal sebagai ikan vampir. Kalau melihat fisiknya, tentu tidak mengherankan mengapa ikan paraya disebut juga sebagai ikan vampir. Hal ini karena paraya memiliki taring bawah yang sangat panjang dan tajam layaknya vampir hingga keluar dari mulutnya. Paraya hidup di Amerika Selatan tapi tampaknya popularitas paraya tidak hanya berhenti di Amerika Selatan, ya? Paraya memiliki tubuh yang licin dan lincah dengan warna perak yang mencolok. Menariknya, ikan ini juga gemar memangsa piranha yang juga tergolong sebagai ikan ganas. Hm… Jadi kebayang kan seberapa ganasnya paraya? Piranha aja kalah!


5. Arapaima  

Ikan terganas terakhir adalah Arapaima yang berasal dari Sungai Amazon. Tapi, patut diwaspadai bahwa ikan ini tidak hanya berdiam di Amazon, melainkan juga di beberapa perairan tawar lainnya, termasuk Indonesia. Arapaima ditakuti karena keganasan serta ukuran tubuhnya yang raksasa, yaitu dengan panjang mencapai 3 meter dan berat mencapai 200 kilogram sehingga membuatnya menjadi ikan air tawar terbesar di dunia. Arapaima pernah terlihat di perairan tawar Indonesia dan membuat warga satu kampung heboh, lho, yaitu pada tahun 2018 lalu. Terlihat di Sidoarjo, warga sampai melakukan perburuan besar-besar untuk membasmi ikan tersebut. Selanjutnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberlakukan larangan untuk memelihara ikan berbahaya seperti Arapaima, apalagi jika dilepas ke alam liar. Tidak main-main, apabila ketahuan, maka ancamannya mencapai 6 tahun penjara dan denda hingga 1 miliar rupiah. Wah, jangan coba-coba pelihara, deh! Itu dia 5 ikan air tawar terganas di dunia. Gimana? Masih percaya kalau ikan ganas hanya ada di laut? Jadi, mulai sekarang harus lebih hati-hati lagi, ya!

TAG