DERETAN HEWAN ALBINO CANTIK YANG JARANG KITA LIHAT

Albino adalah kondisi kelainan genetik saat hanya ada sedikit atau bahkan gak ada sama sekali pigmen melanin dalam tubuh. Alhasil, ciri utama dari albino adalah mata, kulit, dan rambut akan berwarna putih pucat. Nah, bagi kalian yang sudah cukup familiar dengan istilah albino mungkin mengira bahwa keadaan genetik ini hanya dapat dialami oleh manusia. Padahal, faktanya hewan pun bisa mengalami kondisi ini lho guys! Yuk langsung saja kita simak deretan hewan albino cantik yang jarang kita temui!

1. Orang Utan (Alba) 

Alba dinobatkan sebagai satu-satunya orangutan albino di dunia. Menariknya, Alba merupakan hewan yang berada di Indonesia lho! Alba ditemukan pertama kali oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) dan BKSDA Kalimantan Tengah di salah satu hutan Kalimantan pada tahun 2017 lalu. Saat pertama kali ditemukan, kondisi fisik maupun psikologis Alba sangat memprihatinkan karena dampak dari minimnya perlindungan di lingkungan untuk kondisi albinonya. Karena mengidap albinisme, Alba harus direhabilitasi selama dua tahun untuk memulihkan kondisinya. Hal ini dikarenakan Alba rentan terkena penyakit termasuk pendengaran dan penglihatannya, serta sangat sensitif terhadap cahaya matahari. Beruntungnya, kondisi Alba berangsur membaik guys dan kalian bisa melihat bulu putihnya yang cantik. Akhirnya, pada tahun 2018, Alba dilepaskan ke Taman Nasional Bukit Raya Baka dengan tetap dalam pantauan tim rehabilitasi.


2. Lumba-Lumba Putih 

Lumba-lumba pasti sangat identik dengan warna kulit gelap ya seperti hitam atau abu-abu. Tapi, lain halnya dengan lumba-lumba putih alias lumba-lumba albino yang ditemukan di Teluk Monterey California pada tahun 2017. Momen langka ketika lumba-lumba albino tersebut berenang di lautan luas berhasil diabadikan oleh seorang pengamat paus bernama Kate Cummings. Kate mengaku bahwa dirinya saat itu sangat terkejut melihat keunikan dan kecantikan lumba-lumba yang berwarna putih. Diketahui bahwa lumba-lumba ini berjenis Risso yang sedang berenang bersama induknya. Sebelumnya, pada 29 September 2015 juga muncul seekor lumba-lumba albino dan diyakini bahwa lumba-lumba yang ditemukan oleh Kate Cummings adalah lumba-lumba yang sama dengan yang muncul pada tahun 2015. Menurut pernyataan Cummings, ini merupakan lumba-lumba albino Risso yang pertama diketahui di wilayah Pasifik Timur.


3. Zebra Coklat dan Putih 

Apa yang kalian pikirkan tentang Zebra nih guys? Yap, Zebra adalah hewan yang mirip dengan kuda namun warna kulitnya terbilang unik ya dengan kombinasi garis hitam dan putih. Nah, zebra dengan kondisi albino nyatanya lebih unik, cantik, dan pastinya jarang kalian lihat karena warna kulitnya terlihat sedikit pudar sehingga garis-garis di tubuhnya justru berwarna coklat dan putih. Menurut National Geographic, zebra dengan kondisi tersebut yang biasa disebut juga dengan kondisi albino parsial umumnya hanya hidup di penangkaran. Namun, fotografer Sergio Pitamitz berhasil mengabadikan potret zebra albino yang tengah berlari di alam liar Taman Nasional Serengeti, Tanzania. Ahli genetika dari Husdon Alpha Institute for Biotechnology, Greg Brash, juga mendukung pernyataan tersebut guys bahwa kejadian albino parsial sangat jarang pada zebra. Walaupun begitu, kondisi warna kulit Zebra yang terlihat coklat dan putih gak bermasalah bagi Zebra tersebut kok. 


4. Merak Putih 

Merak adalah salah satu jenis burung yang terkenal dengan bulu cantik, berwarna-warni, dan indah. Khususnya merak jantan adalah merak yang dapat mengembangkan bulu ekornya untuk menarik perhatian merak betina saat musim kawin tiba. Ketika sayap itu kembali meredup, burung merak seolah menjelma menjadi unggas besar dengan tubuh yang kokoh. Selain itu, merak juga memiliki mahkota di atas kepala mereka yang menambah kecantikannya. Menariknya, merak yang identik dengan warna bulu beraneka ragam nyatanya juga cantik dengan bulu berwarna putih alias merak albino. Warna putih tanpa campuran apapun justru membuat ekor merak menjadi terlihat bersinar dibandingkan merak pada umumnya. Akan tetapi, merak albino ini gak seperti hewan-hewan yang sebelumnya kita bahas guys karena merak albino ini merupakan hasil rekayasa genetik. Jadi, wajar saja ya kalau sangat sulit untuk melihat merak putih ini.

 

5. Gorila 

Sama seperti Alba, ditemukan pula gorila albino satu-satunya di dunia bernama Snowflake. Sesuai namanya, bulu gorila ini semuanya berwarna putih tanpa ada campuran warna lain. Menurut National Geographic, kasus albinisme pada Snowflake diakibatkan perkawinan sedarah antara paman dan keponakan. Snowflake sendiri ditemukan pertama kali di hutan liar daerah Guinea Ekuatorial pada tahun 1966 alias sudah sangat lama. Kemudian, Snowflake dibawa ke Kebun Binatang Barcelona dan hidup di sana hingga 40 tahun lamanya dengan perlindungan ketat mengingat kondisi albino sangat rentan dengan beberapa hal khusus seperti sinar matahari. Sayangnya, Snowflake dikabarkan meninggal pada tahun 2003 akibat kanker kulit yang sudah cukup lama dideritanya.


6. Singa Albino 

Singa Albino kerap disamakan dengan Singa Putih lho! Walaupun keduanya sama-sama memiliki bulu berwarna putih bersih, akan tetapi perbedaan antara singa putih dan singa albino dapat terlihat dari warna matanya. Singa putih biasanya memiliki warna mata biru, abu-abu, hingga emas, sedangkan singa albino memiliki warna mata abu-abu hingga merah. Mutasi pigmen pada singa albino juga lebih banyak atau lebih ekstrim dibandingkan pada pigmen singa putih. Nah, singa putih saja sudah sangat langka guys, jadi gak heran kalau singa albino dianggap sebagai harta karun dunia saking sulitnya ditemukan. Sejauh ini, singa albino diperkirakan hanya ada total 550 ekor yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Semoga selalu sehat dan lestari ya! Itu dia 6 hewan albino cantik yang tergolong sangat langka sehingga jarang kita lihat. 

TAG