GANAS DAN CERDAS! INI DIA ANJING MILITER TERBAIK DI DUNIA

Gaes, pernah lihat anjing pelacak yang biasa ada di film2 nggak? Ternyata dalam dunia militer ada beberapa jenis anjing yang kerap di jadikan partner dalam membasmi kejahatan loh. Mau tau seberapa cerdas nya jenis2 anjing ituh? Cus deh simak 7 anjing militer terbaik di dunia. 

1. Basset Hound 

Jika dibandingkan dengan anjing militer lainnya, Basset Hound memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dan kaki yang lebih pendek. Tapi, ukuran tersebut tidak menghambat kemampuan luar biasanya dalam melacak. Terlahir dengan telinga besar yang mengarah ke bawah untuk mendeteksi suara dari tanah, Basset Hound juga terkenal dengan indera penciumannya yang luar biasa. Dikabarkan bahwa setidaknya terdapat 220 juta reseptor aroma pada Basset Hound disertai dengan kemampuan penciuman yang 40 kali lebih hebat dibandingkan manusia. Oleh karena itu, tidak heran kalau anjing ini menjadi salah satu favorit pada petugas keamanan. Eits.. Tapi tidak jarang juga lho anggota keluarga biasa memelihara anjing ini karena penampilannya yang menggemaskan. 


2. Doberman 

Banyak ditemukan di wilayah Amerika Serikat, anjing Doberman menjadi jenis anjing berikutnya yang sering membantu para aparat keamanan. Ukuran tubuhnya tergolong sedang, tidak terlalu berat, dan ramping. Ukuran tersebut membantu Doberman untuk berlari dengan cepat dan menangkap para penjahat yang berusaha untuk kabur. Rahang yang kuat dan kekuatan gigitan yang juga tidak kalah kuat menjadi salah satu senjata Doberman. Ditambah lagi, Doberman tidak akan mudah melepas gigitannya hingga penjahat tersebut benar-benar jatuh tersungkur dan menyerahkan diri. 


3. Beagle 

Selain Basset Hound, ada juga jenis anjing lain yang diperkirakan memiliki reseptor aroma lebih dari 220 juta, yakni Beagle. Menariknya lagi, anjing ini dapat mengenali 50 aroma yang berbeda dalam satu waktu. Hidungnya yang basah mampu menahan lebih banyak molekul aroma, mengingat, dan membedakannya dengan berbagai aroma lain yang mirip. Kalau dilihat secara langsung, mungkin tidak banyak yang mengira bahwa kemampuan melacak anjing ini sangat luar biasa sebab ukuran tubuhnya yang tidak terlalu besar, penampilannya yang cukup imut, dan sifatnya yang ramah. Tapi, jangan tertipu! Beagle menjadi salah satu andalan apabila sudah berhubungan dengan aktivitas melacak. Tidak heran jika Beagle sering dilibatkan dalam pencarian barang selundupan, khususnya di bea cukai.


4. Boxer 

Boxer terlahir dengan otot yang padat dan badan yang kuat sehingga tidak sulit untuk dilatih apabila hendak membantu tugas polisi dan tentara. Sifatnya cenderung aktif sekaligus tenang sehingga cocok jika dilibatkan dalam tugas pelacakan dan perburuan. Insting proteksinya yang tinggi juga membuat Boxer tidak hanya menjadi salah satu anjing favorit petugas keamanan, melainkan juga teman favorit di rumah.


5. German Shepherd 

Sesuai dengan namanya, German Shepherd adalah ras anjing yang berasal dari Jerman. Tubuhnya yang cukup panjang, proporsional, dan berotot disertai dengan struktur tulang yang kokoh membuat German Shepherd merupakan salah satu jenis anjing favorit polisi dan tentara. Tidak hanya itu, sifat alamiahnya pun mendukung perburuan dan pelacakan yakni berani, waspada, cerdas, patuh, dan sangat setia. Pantas saja polisi dan tentara sangat mencintai anjing jenis ini kan?


6. Belgian Malinois 

Jenis anjing berikutnya yang sering menjadi sahabat para petugas keamanan adalah Belgian Malinois. Anjing jenis ini terlahir dengan tubuh yang tegap, kokoh, dan kuat. Sifatnya pun aktif bergerak dan sangat agresif sehingga tergolong cukup berbahaya jika dipelihara di rumah. Tapi, anjing ini tetap menjadi favorit sebab kesetiaannya terhadap majikan. Insting dan berbagai kelebihan tersebut yang akhirnya membuat Belgian Malinois kerap dilatih untuk membantu polisi dan militer menyelesaikan tugas mereka dalam membasmi kejahatan. 


7. Dutch Shepherd 

Jenis anjing terakhir yang tergolong sebagai salah satu anjing militer terbaik adalah Dutch Shepherd. Anjing gembala yang berasal dari Belanda ini terdiri atas 3 jenis, yakni yang berbulu pendek, berbulu lebat, dan berbulu kasar. Berat tubuhnya dapat mencapai 32 kilogram dengan tinggi rata-rata mencapai 60 sentimeter. Proporsi tubuh ini membuatnya cocok membantu polisi dan tentara dalam melakukan tugas-tugas keamanan. Tidak hanya itu, sifat alamiahnya pun tergolong sangat aktif, disiplin, taat, mandiri, setia, dan cerdas sehingga mampu menangani berbagai tugas pelacakan dan penjagaan yang diberikan kepadanya. Jadi gimana gaes berminat punya anjing2 tsb sebagai piaraan? Bukan buat kaum bokek2 ya hahah. 

TAG